Syaikh Ali Hasan : Para Ulama Saling Menghormati Antara Satu dan Lainnya

0
275

​JAKARTA (fokusislam) – Ulama Timur Tengah asal Yordania,  Syaikh Ali Hasan Al-Halabi tengah memberikan taushiyah kepada kaum muslimin yang berada di wilayah ibukota,  Jakarta.  Bertempat di Masjid Hotel Alia Prapatan, Jakarta Pusat, nampak sekitar seribu jamaah ikhwan dan akhwat khusyuk mendengarkan pemaparan dari murid Syaikh Al-Albani tersebut. 

Kajian yang mengambil tema Sikap Ahlussunnah Menghadapi Perbedaan Mazhab ini diterjemahkan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi,  Lc dan disiarkan langsung dari Hotel Gren Alia Prapatan, Jakarta Pusat,  sekitar pukul 05.30.

Dalam penjelasannya,  Syaikh Ali Hasan menyebutkan bahwa sebetulnya dalam ilmu fikih,  ada madzhab-madzhab yang lain selain daripada madzhab empat yang sudah terkenal, contohnya madzhab Abu Tsaur ataupun madzhab Al-Laits bin Saad. 

“Apakah ada madzhab-madzhab yang lain?.  Ada.  Hanya saja madzhab Abu Tsaur dan Al-Laits tidak tersebar oleh murid-muridnya sebagaimana tersebarnya madzhab imam-imam yang empat, ” kata Syaikh Ali Hasan. 

Syaikh Ali Hasan juga menyebutkan bahwa para ulama madzhab yang empat,  ada diantara mereka yang saling mengambil riwayat. 

“Kita mengenal silsilah dzahabiyah (jalur periwayatan emas).  Imam Ahmad mendengar dari Imam Syafi’i.  Imam Syafi’i mendengar dari Imam Malik.  Imam Malik mendengar dari Nafi’ dari Ibnu Umar, ” terang Syaikh Ali. 

Syaikh Ali Hasan juga memaparkan bahwa diantara sikap yang harus dicontoh oleh kaum muslimin adalah bagaimana para ulama saling hormat menghormati antara satu dengan yang lainnya. 

Seperti yang terjadi pada Imam Syafi’i dan muridnya Yunus bin Abdul A’la.  Tatkala terjadi perselisihan pendapat dalam salah satu masalah fikih,  maka Imam Syafi’i berkata kepada muridnya tersebut bahwa telah ada ratusan masalah yang mereka sepakati,  karena itu janganlah hanya karena satu perbedaan pendapat,  membuat hubungan mereka menjadi terpisah.  Semoga Allah senantiasa memberkahi para ulama kaum muslimin.  (azman) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here