Berjenggot Dengan Celana Cingkrang Yang Taat Aturan

0
1044

Catatan *Dr Ali Musri Semjan Putra, MA

Hikmah Dbalik Penolakan Pembangunan Kembali Masjid Imam Ahmad bin Hanbal…

1. Ternyata mereka yg dicurigai sebagai kaum radikal karena penampilannya berjenggot dengan celana cingkrang adalah yang taat aturan. Sampai untuk mendirikan masjid saja mereka mengurus IMB. Barangkali kalau kita cek beberapa masjid yang berdiri megah di beberapa kota belum tentu ada memiliki IMB.
Mestinya hal itu dihargai oleh semua pihak dimana panitia pembangunan berusaha untuk mengantisipasi hal-hal yg akan mengganggu kelancaran pembangunan. Harusnya, pihak yang memprotes pembangunan kembali masjid mentaati dan menhargai surat keputusan pemerintah setempat.
Apalagi renovasu masjid bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada para tetangga masjid. Jumlah jamaah yang banyak tentu membutuhkan tempat parkir yg cukup. Pihak pengelola pun ingin membuat ruang parkir jamaah di bagian lantai paling bawah. Karena kami ingin dakwah ini membawa kenyamanan kepada masyarkat.
Lihat bagaimana ketika acara tabligh akbar berkali-kali digelar di Masjid Istiqlal jamaah keluar tertib dan selalu menjaga kebersihan serta berusaha untuk tidak membuat kemacetan.

2. Kita tahu bahwa negara ini punya aturan dan punya pemerintahan yang sah, dimana setiap warga negara punya hak yg sama di negara ini dan setiap wajib taat aturan yang selama tidak melanggar aturan Allah. Seharus label radikal itu ditujukan kepada mereka yang tidak patuh dan menentang aturan yang berlaku. Mana teriakan kebinekaan yg selama ini menjadi klaim setiap kelompok..? Mana kata toleransi dalam perbedaan paham keagamaan yg selalu diaku oleh setiap komunitas..?

3. Muncul status-status dan opini yang menunjukkan kejahilan para penulisnya tentang hakikat dakwah sunnah bahkan membuka rasa kebencian yang ia pendam dan tersembunyi selama ini dalam dada mereka terhadap dakwah sunnah, sehingga ia ikut memprovokasi dengan berbagai tuduhan fitnah, tanpa ia sadari ia telah mendapat bagian dosa dari sikapnya tersebut.

*)Dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’iJember .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here