23.500 Calon Jamaah Haji Rusia Tahun Ini, Terbanyak dari Eropa

0
377

MOSKOW (fokusislam) – Rusia menjadi negara Eropa yang memberangkatkan calon jamaah haji terbanyak tahun ini. Jumlahnya mencapai 23.500 calon jamaah haji. Jumlah tersebut naik dibandingkan tahun lalu 16.500 jamaah, karena ada tambahan kuota dari Kerajaan Arab Saudi, Saudi Gazette melaporkan yang dikutip MINA, Ahad (20/8).

Penambahkan kuota ini menyusul permintaan Moskow untuk menampung lebih banyak jamaah haji asal negaranya. Angka ini menjadi yang tertinggi selama ini.

Beberapa waktu lalu, Utusan Rusia Sergei Kozlov telah bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Muhammad Saleh Bantan membicarakan masalah penambahan kuota ini.

Abdullaev Magomedkhabib, salah seorang jamaah Rusia yang datang bersama ayahnya dari sebuah desa terpencil di Dagestan, menyatakan kegembiraannya akan dapat menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Impian hidup saya menjadi kenyataan setelah lama berdoa,” katanya.

Penerbangan perdana dari Chechnya tiba di Jeddah pada Sabtu (19/8).

Selain melalui penerbangan udara, 1.974 peziarah Rusia dijadwalkan masuk Saudi melalui jalan darat dari Uni Emirat Arab melalui pos perbatasan, menurut pejabat kementerian haji.

Juga, wilayah Tabuk menerima peziarah Rusia yang masuk melalui perbatasan Yordania.

Sebagian besar calhaj Rusia berasal dari Kaukasus Utara seperti Dagestan, Chechnya, Ingushetia dan Tatarstan, yang masing-masing  berangkat dari bandara Makhachkala, Grozny, Magas, Mineralnye Vody, Kazan dan Moskow.

Umat Islam di Rusia merupakan pemeluk agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks. Jumlahnya mencapai sekitar 21-28 juta penduduk, atau sekitar 15-20 persen dari sekitar 142 juta penduduk. (T/RS2/P1)

Sumber: Mi’raj News Agency (MINA)
http://saudigazette.com.sa/article/515451/SAUDI-ARABIA/Pilgrims

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here