Saudi Jamin Ketersediaan Air Bersih Saat Armina

0
36

MAKKAH (fokusislam) – Dalam rangkaian ibadah haji, jamaah akan melalui kegiatan ibadah di tenda, yakni ketika di Arafah, Mudzdalifah dan Mina. Jutaan jamaah berada di suasana terbatasnya sarana. Air menjadi salah satu kebutuhan utama jemaah haji saat puncak haji. Karenanya, ketersediaan air pada fase Arafah – Muzdalifah – Mina (Armina) menjadi hal penting.

Pemerintah Arab Saudi terus melakukan persiapan intesif untuk menjamin kestersediaan air bagi jemaah haji saat Armina.  Dikutip dari surat kabar berbahasa melayu Alsharq terbitan 23 Agustus 2017, Kepala Perusahaan Umum Desalinasi Air Laut Ali Bin Abdurrahman Hazimi tengah mengecek kesiapan perusahaanya dalam menyediakan Air di Armina.

“Kemaren pengecekan dilakukan di stasiun-stasiun desalinasi air, pipa-pipa, dan penampungan air yang dikelola lembaganya,” ujarnya.

Selama musim haji, lanjut Ali, pihaknya akan menjamin kebutuhan air bersih bagi jemaah haji. Menurutnya, ketersediaan air bersih merupakan intruksi pemerintah Arab Saudi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji.

Kesiapan layanan air dan toilet Armian sebelumnya juga dicek oleh  Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali. Dalam kesempatan itu, Nizar menilai persiapan yang dilakukan sudah memadai. Pemerintah Saudi juga telah menyiapkan toilet bertingkat bagi jemaah.

“Selain itu fasilitas air bersih untuk berwudhu dan memasak juga tersedia, bahkan telah di bangun dapur masak di Arafah,” terang Nizar Ali.

Selain air, Nizar juga memastikan kesiapan listrik dan genset di tenda jemaah haji Indonesia.

Sumber: Kemenag.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here