PELUANG USAHA MENJADI EKSPORTIR

0
142

PRODUK APA SAJA YANG BISA DIEKSPOR ?

JAKARTA (fokusislam) – Apa saja dapat diekspor, mulai dari produk primer seperti hasil pertanian dan hasil tambang. Kemdian, produk olahan seperti bahan baku atau bahan penolong industri, produk pangan, produk manufaktur, handycraft (hasil kerajinan) dan sebagainya. Hal yang penting diperhatikan adalah produk yang diekspor sebaiknya unik dan khas Indonesia. Minimal, Indonesia memiliki keunggulan dalam produk tersebut. Namun bagi pemula, perlu pula mempertimbangkan produk yang memang sudah ada pasarnya, sehingga effort untuk memperkenalkan produk tersebut lebih mudah.

Perlu diketahui bahwa yang paling menonjol saat ini adalah produk kreatif khas Indonesia serta produk kerajinan lainnya. Diikuti dengan produk-produk olahan industri termasuk industri kecil dan industri rumah tangga. Kemudian diikuti produk primer hasil alam dari pertanian dan pertambangan. Penting pula diperhatikan, produk yang diekspor harus dapat dideskripsikan spesifikasinya, serta dapat disuplai secara kontinyu dengan mutu yang terjaga dari waktu ke waktu.

Saat ini berbagai produk telah diekspor dari Indonesia. Berbagai produk kreatif dan kerajinan rakyat telah diekspor dari Bali dan Yogyakarta setiap hari. Pakaian jadi dari Pasar Tanah Abang Jakarta dan Pasar Baru Bandung setiap hari juga diekspor ke berbagai negara. Kain, baju dan kerudung bordiran dari Tasikmalaya atau Bukittinggi, dapat kita temui di pasar tekstil di Bangkok, Hochiminh City dan di Kuala Lumpur.

Lalu, Radio dengan casing kayu dari Jawa Tengah, menembus pasar negara maju sampai kewalahan melayani permintaan. Bahkan gagang sapu pun telah menembus pasar ekspor sejak dekade yang lalu. ATK buatan Indonesia digunakan di kantor-kantor di Pakistan, Bangladesh dan Timur Tengah. Kalau untuk hasil pertanian dan olahannya, Indonesia adalah pemain sejak lama. Tentu kita ingat, para penjajah Eropa datang ke bumi Indonesia karena kekayaan alamnya. Ekspor rempah-rempah dan minyak atsiri Indonesia nomor satu di dunia hingga kini. Dan kini Indonesia telah menyalip Malaysia sebagai eksportir Minyak Sawit terbesar di dunia.

Saat ini, Eksportir binaan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) telah mampu mengekspor sapu lidi, arang batok kelapa, coconut oil, kapuk, limbah produk elektronik, baju muslim, jahe segar, dekorasi batu alam, handicraft, furniture, aneka rempah dan aneka ragam produk lainnya.
Tetapkan produk andalan anda, carilah pembelinya di pasar ekspor. Jadilah Eksportir!
Untuk itu, dibuka Pelatihan Bisnis Ekspor dan Bursa Muslim KPMI. Cara mudah membuka toko Online di Marketplace Bursa Muslim KPMI) dapat Anda jadwalkan Sabtu, 08 September 2018, pukul 08.00 – 18.00 WIB di Hotel Ibis Styles Cikarang, Jl. Haji Usmar Ismail, Jababeka II Movieland Kav 2B Mekarmukti, Cikarang Utara, Bekasi.

INFO PENDAFTARAN
Biaya Pendaftaran :
Umum: Rp 950.000,-
Anggota KPMI: Rp 750.000,-
Format Pendaftaran :
Nama Daftar Ekspor No. Hp kirim ke salah satu contact person berikut.
Slamet : 085710794730
Mila : 085221138651

Info Pembayaran :
Pembayaran ditransfer melalui Rekening BNI Syariah No. Rek. 5656 767873 an. Perkumpulan Komunitas Pengusaha Muslim.

eri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here